Selasa, 31 Januari 2012

Tutorial CCENT & CCNA

Belum dapat dikatakan sebagai seorang network administrator bila belum mengenal yang namanya CCNA. CCNA (Cisco Certified Network Associate) merupakan sertifikasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Cisco yang bertujuan memvalidasi kualitas atau kemampuan dari seorang network administrator. Keuntungan bagi pemegang sertifikat ini adalah bahwa sertifikat ini tidak terbatas hanya pada produk Cisco, atau dengan kata lain seorang pemegang sertifikat CCNA telah dibekali suatu ilmu yang cukup fundamental dalam mengoperasikan dan memecahkan permasalahan jaringan sehingga ilmu tersebut dapat diterapkan juga pada produk-produk vendor lain seperti misalnya Juniper, Huawei, Mikrotik dan sebagainya.
Saat ini, secara keseluruhan ada 4 tingkatan sertifikasi karier Cisco yaitu dimulai dari tingkatan entry, associate, professional dan expert. Dalam sertifikasi Cisco, ditawarkan juga berbagai bidang spesialis (konsentrasi) dalam dunia IT networking seperti Routing and Switching, Design, Network security, Service provider, storage networking, voice, wireless. Dalam artikel ini, akan diulas berbagai macam sertifikat yang ditawarkan oleh Cisco hingga tingkatan associate.
Adsense Indonesia
CCENT
CCENT merupakan sertifikasi tingkatan paling awal. Dalam sertifkasi ini diharapakan sang kandidat memiliki kemampuan untuk memasang, mengoperasi dan menyelesaikan permasalahan untuk jaringan enterprise berskala kecil. Secara garis besar, kurikulum yang ditawarkan meliputi dasar-dasar networking, teknologi WAN, dasar keamanan jaringan, routing dan switching dan konfigurasi jaringan enterprise berskala kecil. Syarat yang diperlukan dalam memperoleh sertifikat CCENT adalah lolos ujian 640-822 Interconnecting Cisco Networking Device Part 1 (ICND1).
Slide Materi CCENT:
- Host To Host Communications Model
- TCP_IP Internet Layer
- TCP_IP Transport Layter 
- Exploring the packet delivery
- Understanding Ethernet (LAN)
- Connecting to Ethernet LAN
- Challenge of Shared LAN
- Solving Network Challenge
- Exploring the packet delivery
- Operating Cisco IOS
- Starting a Switch
- Switch Security
- Maximizing the Benefits of Switching
- Troubleshooting Switch
- Exploring Wireless Networking
- Wireless LAN Security
- Implement WLAN
- Exploring the Functions of Routing
- Understanding Binary Basics
- Constructing a network addressing scheme
- Starting a Router
- Configuring a Cisco Router
- Exploring the packet delivery process
- understanding cisco router security
- SDM
- DHCP
- Accessing Remote device
- WAN Techologies
- Enable internet connection.
- Enable Static Routing
- Configuring Serial Encapsulation
- Enable RIP
- CDP
- Managing Router Startup and Configuration
- Managing Cisco Device.


CCNA
Cisco Certified Network Associate (CCNA) adalah sertifikasi bidang networking yang diakui secara internasional dan merupakan pondasi awal untuk mendapatkan jenjang sertifikasi yang lain. Lulusan CCNA mampu melakukan instalasi, konfigurasi, dan mengoperasikan LAN, WAN dan Dial Access Services untuk jaringan kecil (di bawah 100 PC) yang bekerja menggunakan protokol IP, IGRP, Serial, Frame Relay, IP RIP, VLANs, RIP, Ethernet dan Access Lists. Bagi para praktisi dan profesional yang ingin mendapatkan sertifikat CCNA ini, kami akan membuka kelas bimbingan dan persiapan menghadapi ujian dengan cara membahas soal-soal ujian dengan pembahasan teori dan praktek yang dilengkapi dengan Cisco Router dan Switch Catalyst.
Kelas CCNA Exam Guide ini terdiri dari 3 module materi: Networking Fundamental, Switch & Router Fundamental, WAN & Routing Technology. Dan untuk periode ini kami akan mulai dengan module materi Networking Fundamental. Kelas yang diadakan ini merupakan kelas tatap muka dari kelas eLearning dengan materi yang sama.
Slide Materi CCNA:
- Introduction to Computer Networking Concepts
- The TCP/IP and OSI Networking Models
- LAN Cabling, Standards, and Topologies
- Fundamentals of IP
- Fundamentals of TCP and UDP



0 comments:

Posting Komentar