Sabtu, 14 Januari 2012

Belajar VB.Net


Visual Basic Net 2008 adalah salah satu program berorientasi object, selain itu pula program Java dan C++ juga berbasis object. Visual Basic Net 2008 adalah produksi Microsoft Corp. program ini biasa dipaketkan dengan Visual C# 2008 dan Visual C++ 2008 dalam paket Visual Studio 2008. Bahasa Visual Basic telah digunakan secara luas karena kemudahan penggunanya bagi orang awam dan penulisan kode didalamnya tidak terlalu rumit dibandingkan bahasa C, Delphi dan Java.
Visual Basic Net 2008 (disingkat VBNet 2008) menawarkan banyak kemudahan disbanding versi-versi sebelumnya, antara lain pemograman dapat dibuat lebih terstruktur dan lebih banyak bantuan dalam pemograman. Jauh lebih mudah untuk menguasainya disbanding dengan versi terdahulunya yaitu Visual Basic 6 (disingkat VB6).
Adsense Indonesia
Ada banyak perubahan didalam VBNet 2008 ini dibanding VB6, antara lain :
-        Bahasa pemograman sekarang benar-benar bahasa berbasis object (Object Oriented Programming), sedangkan VB6 bukan bahasa berbasis Object.
-      Aplikasi dan komponen yang ditulis di VBNet 2008 mempunyai akses penuh ke Net Framework, sedangkan VB6 tidak dikenal atau tidak digunakan Net Framework.
-          Semua aplikasi yang dibuat beroperasi dalam manajemen Common Language Runtime (CLR).
Net Framework sendiri (yang sekarang sudah versi 3.5) adalah suatu himpunan file-file pustaka yang telah terorganisasi dan berguna sebagai fasilitas untuk system dan aplikasi. Seorang programmer tidak perlu lagi menghafal fungsi-fungsi Windows API untuk akses sistem seperti didalam bahasa VB6 karena sudah diorganisasi oleh Net Framework. Semua fungsi-fungsi Windows API tersebut telah dijadikan object-object yang dapat dengan mudah digunakan dan ditemukan oleh programmer VBNET 2008. 

Pemograman Berbasis Object (PBO) sendiri adalah suatu pendekatan kearah struktur pengembangan aplikasi berdasarkan object, dimana object tersebut dapat berupa prosedur, event ataupun variable. Object satu dapat menjadi bawahan object lainnya berdasarkan susunan dan fungsi, artinya satu object terdepan terdiri atas beberapa object yang memiliki tugas lebih sempit, dan sesama object dapat saling berinteraksi dalam melaksanakan tugas tertentu.
Common Language Runtime (CLR) adalah suatu Runtime lingkungan yang memproses, melaksanakan dan mengatur kode dasar Visual Basic, mirip dengan Runtime Visual Basic tradisional, yaitu vbrun300.dll atau msvbvm60.dll. Kemampuanya lebih ditingkatkan sehingga jalanya peogram yang dibuat lebih stabil dan penanganan kesalahan lebih baik, dengan tujuan agar program dapat berjalan secara optimum.

Untuk lebih lengkapnya silahkan Download E-Book nya Disini

0 comments:

Posting Komentar